Banyak
faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar mengajar.
Faktor ini diantaranya adalah ketenangan, kesabaran, kasih sayamg, dan
kebetahan siswa dalam kelas. Selama ini sering kita jumpai di kelas
ketika proses belajar mengajar berlangsung, saat guru menerangkan
beberapa murid asyik bercerita dengan temanya, berjalan-jalan, atau
bermain sendiri.
Tentu
saja hal seperti diatas bisa membuat guru merasa tersinggung dan tidak
dihormati. Tetapi mungkin juga guru merasa cuek,terserah yang penting
sudah melaksanakan kewajibannya. Pengalaman seperti itu merupakan hal
menarik untuk disimak. Sebagai guru kreatif, inovatif dan
profesionaltentu kita tidak ingin mengalami hal-hal seperti itu.
Sebaiknya kita belajar dan terus belajar supaya peristiwa tersebut tidak
menimpa kita sebagai guru.
Pembelajaran yang menonton
Salah
satu faktor yang menyebabkan terjadinya permasalahan dikelas adalah
guru yang selalu menonton dalam mengajar. Mereka hanya menyampaikan
pengetahuan secara sepihak tanpa berusaha melibatkan mental psikologi
anak.
Dalam
Kegiatan Belajar mengajar (KBM). Guru hanya memposisikan anak secara
pasif. Siswa hanya dipersiapkan menerima ilmu pengetahuan dari guru yang
menggunakan metode ceramah dengan program 30 CH
(duduk,dengar,diam,catat, dan hafal). Seperti kita ketahui siswa adalah
makhluk unik, sehingga pendidik harus memiliki pemahaman terhadap
kebutuhan peserta didiknya. Sebagai guru profesional sudah selayaknya
berusaha meningkatkan penguasaan materi pembelajaran dengan beberapa
pendekatan yang bisa memberikan hasil belajar yang optimal.
Siswa
usia SD berada pada fase paling kreatif dalam hidup manusia karena
mereka dalam usi bermain. Kenyataanya sejak pagi hingga siang, mereka
harus belajar di kelas dengan kondisi tersiksa, mereka tidak boleh
bicara, tapi harus duduk rapi, tangan di meja melihat bapak ibu guru
menyampaikan materi. Oleh karena itu, seorang guru yang profesional
harus bisa mencari dan menggunakan metode yang sesuai, sehingga suasana
belajar di kelas tanpa tekanan.paksaan.
Pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM.
Sebagai
seorang kreator proses belajar mengajar, seharusnya guru mengembangkan
suasana bebas bagi siswa untuk mengkaji apa yang menarik minat, bakat,
serta mengekspresikan ide-ide dan kreatifitasnya. Tapi pada kenyataanya
masih banyak pembelajaran yang cenderung bersifat teoritis dan tidak
terkait dengan lingkungan siswa berada.
Kondisi
seperti ini menyebabkan peserta didik ( siswa ) jenuh dan tidak betah
di kelas. Agar tugas guru dalam KBM menjadi maksimal. Siswa merasa
nyaman dan senang ketika pembelajaran berlangsung, maka guru harus
pandai meramu KBM tersebut.
PAIKEM
merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang bisa membuat suasana
di kelas menjadi asyik dan efektif. PAIKEM singkatan dari Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan menyenangkan.
Aktif
dimaksudkan dalam pembelajaran guru garus menciptakan suasana yanga
membuat siswa aktif bertanya serta mengemukakan pendapat.
Peran
aktif siswa sangat penting dalam rangka pembentukan generasi kretif
yang mampu menghasilkan sesuatu untuk kepentingan dirinya dan orang
lain. Inovatif, guru harus mampu membuat perubahan dalam proses
pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode, sehingga siswa merasa
enjoy belajar.
Kreatif,
juga dimaksudkan agar guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam
sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Menyenangkan tentu
saja suasana belajar mengajar yang menyenangkan.
Dengan
pendekatan PAIKEM diharapkan siswa dapat memusatkan perhatian secara
penuh pada waktu belajar. Sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
Secara garis besar PAIKEM bisa digambarkan sebagai berikut, Siswa
terlibat dalam berbagai kegiatan untuk mengembangkan pemahaman dan
kemampuan dengan penekanan pada belajar melalui berbuat. Guru
menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkit
semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagi sumber belajar untuk
menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan dan cocok bagi siswa.
Mengajar menggunakan bahasa cinta
Untuk
membuat suasana belajar dikelas menyenangkan dan menarik minat siswa
untuk belajr lebih giat, maka guru harus dapat menciptakan hubungan yang
harmonis dengan siswa. Karena siswa itu sendiri sebagai manusia yang
memiliki rasa cinta jangan sampai membuat julukan negatif pada seorang
guru gara-gara selalu marah dan berteriak
Bahasa
cinta merupakan salah satu kunci sukses bagi semua guru untuk membangun
sebuah hubungan yang indah dengan siswaagar tercipta suasana
menyenangkan. Seorang guru dapat membangun hubungan yang indah dengan
siswa jika mau berbuat
1. Mengakui esalahan yang pernah di lakukan
Guru
adalah sosok yang di kagumi, dihormati, sehingga akan menjadi sangat
memalukan baginya untuk mengakui kesalahan yang mungkin telah di perbuat
kepada para siswanya. Kewibawaan seorang guru akan terlihat dari apa
yang telah ia lakukan. Sikap mengakui kesalahan dan mau minta maaf
menunjukkan kebersihan bati seseorang .
2. Pujian untuk meningkatkan motivasi belajar
Jangan
pelit memberi pujian kepada siswa atas keberhasilan yang di capai.
Setiap usaha yang telah dia lakukan dalam pembelajaran tenyata mampu
meningkatkan motivasi belajar dengan memberi pujian berarti seorang guru
sedang menumbuhkan kepercayaan diri pada siswanya.
3. Memberi kesempatan berfikir kreatif
Menanyakan
dan memberikan pilihan kepada siswa dalam proses pembelajaran akan
membuat siswa berlatih mengambil keputusam sendiri tanpa ada paksaan.
Siswa akan terdidik untuk berpikir kreatif dalam mencari pemecahan suatu
masalah.
4. Mau menghargai orang lain
Kata
terimah kasih merupakan ungkapan yang bermakna luas, ketika seorang
siswa mampu mengatakan terimah kasih baik kepada teman atau gurunya
berarti dia memiliki kepekaan bahwa apa apa yang telah berhasil ia
dapatkan bukan semata-mata kehebatanya sendiri melainkan ada orang lain
yang turut membantu. Dari sinilah siswa dapat belajar untuk menyadari
bahwa bekerja sama merupakan hal yang sangat baik untuk di lakukan.
Dengan
bahasa cinta, hubungan yang kaku antara guru dan murid sudah saatnya di
ubah menjadi hubungan yang harmonis penuh kasih sayang. Insya allah
akan mencetak calon-calon generasi yang unggul di masa mendatang.
Stainless Steel (Titanium Pen) | T-Shirts | T-Shirts
BalasHapusShop for titanium pots and pans Stainless Steel (Titanium titanium body armor Pen) at the official T-Shirts microtouch titanium site. titanium coating T-Shirt size titanium bicycle :.5 x 1.75 x 0.25 inches.
px937 tenis on running,Chaussures keen,asicsoutlet,gymsharkspodenki,mizunotenisbrasil,altra outlet,onrunninguk,caterpillar boots uk,gymsharksalenz qg743
BalasHapus