Jumat, 30 November 2012

Manfaatkan Telecamera untuk Belajar

INDRALAYA, SMA Negeri 1 Unggulan Indralaya Utara bekerjasama dengan profider smartfren untuk memberikan kemudahan mengenai pelayanan pendidikan. Smatrfren berencana akan menempatkan satu buah mobile tower yang ditempatkan di sekolah tersebut, untuk mendukung kelancaran proses belajar mengajar. 
Sebab, proses belajar mengajar di sekolah itu sudah berbasis internet. Hampir seratus persen, siswa yang terdaftar menggunakan laptop dan jaringan internet.
"Sebagai provider yang peduli pendidikan, kami mendukung sekolah dengan menyediakan sinyal internet yang baik" kata Brand Activiation Smartfren Manager Regional Sumbangsel, Fakrurrozi ketika meninjau proses belajar mengajar dikelas, Selasa(7/11)
Selain akan menempatkan sebuah mobile tower di sekolah untuk meningkatkan daya dan kapasitas sinyal internet, Smartfren juga memiliki rencana mengadakan proses belajar telecamera.
"Jadi, ketika kita mengundang seorang pengajar, tidak harus datang langsung kesini, mereka bisa saling interaksi dengan semacam video" Katanya lagi.
Namun demikian, untuk saat ini pihaknya sudah memfokuskan dan meningkatkan sinyal smartfren di sekolah tersebut.
Wakil Kepala Sekolah Bidang kurikulum SMA Negeri 1 Indralaya Utara, Firdaus mengatakan, sekolah tersebut sudah mempraktekkan ujiad mid sistem online. kedepan, dengan adanya kerjasama dengan provider Smartfren akan semakin memudahkan proses belajar mengajar.
"Hampir 100%, siswa menggunakan laptop dan internet dalam belajar. Mid semester sudah diterapkan ujian bersistem online, ke depan semester juga akan diterapkan. Konsep ini, baru pertama kali di Sumsel, " katanya.

Kamis, 29 November 2012

Asyiknya Belajar Di Alam




Kamis pagi yang cerah (1 November 2012) dengan pancaran sinar matahari pagi  membuat siswa-siswi SMA Negeri 1 Unggulan Indrlaya Utara tampak lebih ceria dan bersemangat untuk mengikuti pembelajaran di kebun milik salah satu warga yang berada disamping sekolah. Dikebun ini anak-anak diajak untuk bereksplorasi dan berfantasi di kebun mulai dari mengenali tanaman,  cara memilih bibit, menyemai,menyiapakan media tanam, menanam, membersihkan gulma sampai memetik sayuran yang sudah siap panen serta bagaimana supaya produk yang dihasilkan bisa di terima oleh konsumen.

Kegiatan ini dalam rangkaian Pembelajaran Berbasis Keunggulan lokal  di SMA Negeri 1 Unggulan Indralaya Utara. Pembelajaran ini merupakan perpaduan dari 3 mata pelajaran yakni Mulok Pertanian, Ekonomi dan TIK,  Mata pelajaran Mulok Pertannian anak diajari budidaya sayuran langsung dengan praktisi, mata pelajaran ekonomi anak diajari bagaimana mencari peluang menghitung biaya yang dikeluarkan untuk bercocok tanam dan mata pelajara TIK belajar mempromosikan dan memasarkan melalui media teknologi informasi dan komunikasi terutama media internet.

Drs. Jumadi Kardi, M.Si Plt Kepala Sekoalah SMA Negeri 1 Unggulan Indralaya Utara menuturkan ini adalah Pembelajaran berbasis keunggulan lokal yang dipadukan dengan beberapa mata pelajaran, kegiatan ini bertujuan belajar bersama-sama memanfaatkan potensi yang ada. Siswa juga dilibatkan dari awal, yakni dimulai dari pengolahan tanah atau media tanam sampai penanaman bibit. Setelah itu, di dampingi pula dalam proses merawat tanaman sampai berbuah dan siap dipanen. Siswa juga di bimbing tentang mencarai peluang, penghitungan modal, kebutuhan perawatan, hingga laba yang didapatkan.

“Sungguh menyenangkan, kami bisa belajar langsung bagaimana mengolah tanah menjadi media tanam yang baik. Meskipun harus berpanas-panasan dan kotor, tapi kegiatan ini enjoy sekali dan yang lebih penting  pembelajaran ini sangat bermanfaat” kata Rahma Widya Asih dan Kartika.

Siswa yang lain bernama Dila Badiro menambahkan belajar di lapangan lebih asik dan kami menjadi terinspirasi memaksimalakan lahan yang ada dijadikan sebagai peluang usaha, belajar secara langsung menambah semangat karena kebanyakan belajar itu di kelas saja.

Iwan Hermana, S.Pd mengatakan Implementasi PBKL di SMAN 1 Unggulan Indralaya Utara berupaya memanfaatkan keunggulan lokal secara maksimal dengan memadukan kebutuhan daya saing global dalam aspek ekologi, ekonomi dan teknologi informasi dan komunikasi, disamping anak-anak mempelajari  cara bercocok tanam, anak juga belajar bagaimana mempromosikan dan memasarkan melalui media teknologi informasi dan komunikasi.

Latihan Soal Pkn kelas XII


1.    Asas kebangsaan dalam sila Persatuan Indonesia mengandung makna ...
a.    Nasionalisme
b.    Chauvinisme
c.    Internasionalisme
d.    Heorime
e.    Solidarisme

2.    Alasan sekelompok manusia membentuk negara dan bangsa adalah ...
a.    Ingin hidup bebas dan merdeka
b.    Memiliki kemampuan yang sama
c.    Memiliki teknologi yang cukup canggih
d.    Memiliki angkatan perang yang tangguh
e.    Memiliki cita-cita, latar belakang sejarah dan tujuan yang sama

3.    Sikap yang harus dihindari untuk membina sikap nasionalisme adalah ...
a.  Bangga sebagai bangsa Indonesia
b.  Menghormati kemerdekaan setiap bangsa
c.  Mementingkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan
d.  Menggalang persahabatan sesama suku bangsa
e.  Berjuang mempertahankan kemerdekaan

4.    Berikut ini yang bukan merupakan fungsi hukum, yaitu...
a.    Sebagai pedoman hidup masyarakat
b.    Mempertahankan status quo
c.    Menciptakan ketentraman
d.    Menegakkan keadilan, kebenaran dan ketertiban
e.    Sebagai pengendali prilaku masyarakat

5.    Makna yang terkandung dari pernyataan “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa” adalah ...
a.    Penegasan bahwa setiap manusia memiliki kemerdekaan
b.    Penegasan bahwa setiap bangsa membenci penjajahan
c.    Penegasan bahwa setiap bangsa anti penjajah
d.    Penegasan bahwa setiap bangsa memiliki hak untuk merdeka
e.    Penegasan bahwa setiap manusia memiliki hak asasi

6.    Pengamalan hak asasi manusia pada dasarnya ...
a.    Mengakui perbedaan pendapat
b.    Menghargai keinginan pribadi
c.    Menghormati pribadi orang lain
d.    Mengakui kewajiban seseorang
e.    Menghormati hak dan kewajiban manusia

7.    Pasal 27 ayat 1 UUD 1945 mengandung right of legal equalicy bagi sesama warga negara. Artinya adalah...
a.      Setiap warga negara memperoleh keringanan hukuman
b.      Semua warga negara diakui dan dijamin kedudukan dan kesamaannya dalam hukum
c.       Semua warga negara memperoleh kesempatan 
d.    Allah SWT mengatur alam semesta agar dapat berjalan secra harmonis
e.    Manusia diberikan akal budi, harkat dan martabat serta hati nurani yang luhur

8.    Demokrasi yang digunakan di Indonesia adalah ...
a.    Demokrasi Rakyat
b.    Demokrasi Parlemen
c.    Demokrasi Liberal
d.    Demokrasi Pancasila
e.    Demokrasi Terpimpin

9.    Berikut yang bukan pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 adalah ....
a.    Persatuan
b.    Keadilan sosial
c.    Kedaulatan rakyat
d.    Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
e.    Kesatuan

10. Hak warga negara di bidang politik diatur dalam UUD 1945, pasal ...
a.    27 ayat 1
b.    27 ayat 2
c.    29 ayat 1 dan 2
d.    28
e.    2 ayat 1

11. Tiap-tiap warga negara mempunyai persamaan hak dalam bidang ekonomi. Maksudnya adalah persamaan pembagian ...
a.    Kesempatan
b.    Rezeki
c.    Hasil
d.    Kerja
e.    Jatah

12. Persahabatan antarbangsa dan negara, yang dilaksanakan oleh pemerintah kita bersumber pada ajaran Pancasila, terutama sila ke ...
a.    Pertama
b.    Kedua
c.    Ketiga dan keempat
d.    Keempat
e.    Kelima

13. Dalam penyelenggaraan pemilu, setiap masyarakat mendapat perlakuan yang sama, seperti bebas dari kecurangan pihak manapun. Hal tersebut merupakan pengertian dari asas ....
a.    Jujur
b.    Langsung
c.    Bebas dan rahasia
d.    Adil
e.    Umum

14. Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang berlandaskan ....
a.    Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan jiwa bangsa
b.    Pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen
c.    Kehidupan bangsa dan negara yang mencerminkan Pancasila dan UUD 1945
d.    Mekanisme pemerintahan negara yang berdasarkan UUD 1945
e.    Keberanian mengoreksi secara total penyimpangan pemerintah dari Pancasila dan UUD 1945

15. Contoh peran serta masyarakat dalam hal berserikat dan mengeluarkan pendapat dalam berdemokrasi antara lain ...
a.    Ikut serta dalam pembangunan
b.    Menjadi warga negara yang baik
c.    Patuh dan disiplin terhadap aturan
d.    Menjadi saksi dalam sidang pengadilan
e.    Aktif dalam setiap organisasi

16. Budaya politik termasuk bagian dari unsur budaya ...
a.    Sistem religi
b.    Sistem mata pencaharian hidup
c.    Sistem teknologi dan peralatan
d.    Sistem organisasi sosial
e.    Sistem pengetahuan

17. Kebebasan seorang anak untuk menentukan program pendidikan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya merupakan bentuk penerapan budaya politik partisipan, ditinjau dari bentuk  ...
a.    Hak asasi manusia
b.    Hak menentukan pilihan
c.    Menikmati pendidikan
d.    Menentukan masa depan
e.    Pengembangan pribadi

18. Yang melatar belakangi lahirnya pemerintahan reformasi adalah ...
a.    Adanya penyimpangan-penyimpangan pemerintah orde baru
b.    Utang luar negeri yang amat besar sampai tidak terbayar
c.    Para mahasiswa sudah bosan dengan gaya pemerintahan orde baru
d.    Untuk menciptakan pemerintahan yang terbuka, jujur dan demokratis
e.    Jatuhnya kepercayaan masyarakat internasional terhadap pemerintahan Indonesia

19. Reformasi pada lembaga kepresidenan, antara lain mencakup ...
a.    Mekanisme hubungan antara lembaga presiden dengan lembaga negara lainnya
b.    Kekuasaan presiden sebagai kepala negara
c.    Peninjauan kembali hak presiden untuk membentuk kabinet
d.    Masa jabatan presiden dengan jelas dan pasti
e.    Larangan perangkapan jabatan oleh presiden

20. Menurut ketentuan Pasal 7 UUD 1945 yang telah diamandemen, masa jabatan presiden adalah ...
a.    Lima tahun, sesudahnya tidak dapat dipilih kembali
b.    Empat tahun dan sesudahnya dapat diangkat lagi sampai waktu tidak terbatas
c.    Enam tahun dan sesudahnya dapat diangkat lagi satu kali masa jabatan
d.    Lima tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali hanya untuk satu kali masa jabatan
e.    Delapan tahun dan sesudahnya ditentukan kemudian sesuai hasil pemilu

21. Salah satu contoh penyaluran kehendak rakyat langsung adalah pemilihan ...
a.    Kepala Daerah
b.    Ketua OSIS
c.    Menteri
d.    DPR
e.    Gubernur BI

22. Lembaga negara yang berwenang untuk menyusun UUD yang berguna untuk menggantikan UUDS 1950 adalah...
a.    MPR
b.    MPR sementara
c.    Komite nasional
d.    Konstituante
e.    DPR

23. Presiden Soeharto menyatakan berhenti sebagai presiden pada tanggal 21 Mei 1998 di depan ...
a.  Pimpinan MPR
b.  Pimpinan DPR
c.  Pimpinan Mahkamah Agung
d.  Tokoh-tokoh reformasi
e.  Anggota MPR

24. Lahirnya sistem pemerintahan demokrasi bertujuan untuk ...
a.    Mengikutsertakan rakyat dalam pemerintahan
b.    Membatasi kekuasaan penguasa yang sewenang-wenang
c.    Membatasi kekuasaan negara
d.    Membatasi kekuasaan raja yang sewenang-wenang
e.    Mengikutsertakan parpol dalam pemerintahan

25. Sekretariat Jenderal PBB yang berasal dari Myanmar adalah ...
a.    Ban Ki Moon
b.    U Thant
c.    Koffi Anan
d.    Boutros-Boutros Ghali
e.    Kurt Waldheim

26. Negara berhak melaksanakan peraturan hukumnya kepada semua orang dan barang yang ada di wilayahnya. Hal itu sesuai dengan asas hubungan antarbangsa, yaitu asas...
a.    Kebangsaan
b.    Keterbukaan
c.    eksteritorial
d.    Teritorial
e.    Kepentingan umum

27. Associations of South East Asia Nations didirikan pada tanggal ...
a.    8 Agustus 1967
b.    24 Oktober 1945
c.    18 Agustus 1945
d.    23 Mei 1966
e.    5 Juli 1959

28. Cara yang paling ampuh bagi penyelenggara negara dalam memasyaratkan nilai-nilai luhur Pancasila adalah dengan ...
a.    Keteladanan
b.    Menganjurkan
c.    Memerintahkan
d.    Mengajarkan
e.    Menganjurkan

29. Yang bertanggung jawab untuk melaksanakan nilai-nilai luhur Pancasila adalah ...
a.    Seluruh aparatur negara
b.    Seluruh rakyat dan aparatur negara
c.    Seluruh anggota ABRI
d.    Seluruh penduduk Indonesia
e.    Semua orang yang ada di Indonesia

30. Nilai yang tertinggi kedudukannya bagi bangsa Indonesia adalah nilai ...
a.    Religius
b.    Akal pikiran
c.    Keindahan
d.    Kebenaran
e.    Kejasmanian

31. Inggris merupakan negara kesatuan (unitary state) yang terdiri dari...
a.    England, Irlandia, Skotlandia, Denmark
b.    England, Walles, Irlandia, Belanda
c.    England, Skotlandia, Walles, Belgia
d.    England, Irlandia, Walles, Skotlandia
e.    England, Walles, Belanda, Denmark

32. Bentuk pemerintahan dan bentuk negara Malaysia adalah...
a.    Republik – kesatuan
b.    Republik – federasi
c.    Monarki – kesatuan
d.    Monarki – federasi
e.    Monarki – konfederasi

33. Pada puncak kejayaan orde lama, dikenal berbagai yel-yel antara lain yang paling populer adalah ...
a.    Merdeka atau mati
b.    Sekali merdeka tetap merdeka
c.    Nasakom
d.    Maju tak gentar
e.    Indonesia jaya

34. Alasan dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959, antara lain ...
a.    Demokrasi Liberal tidak cocok dengan kepribadian bangsa Indonesia
b.    Konstituante tidak dapat melaksanakan tugasnya
c.    Munculnya banyak partai politik baru
d.    Setiap keputusan rapat melalui musyawarah/mufakat
e.    Adanya tekanan pihak tertentu guna mewujudkan tujuannya

35. Sebab-sebab konstituante gagal melaksanakan tugasnya, yaitu...
a.    Anggota konstituante mementingkan kelompoknya
b.    Pimpinan partai mengutamakan kepentingan partai
c.    Pemungutan suara tidak mencapai 2/3 anggota
d.    Tidak pernah mencapai kata sepakat tentang dasar negara
e.    Tidak diperhatikannya anjuran presiden untuk kembali ke UUD 1945

36. Bentuk negara Indonesia menurut Kontitusi RIS 1949 adalah ...
a.    Kesatuan dengan sistem desentralisasi
b.    Kesatuan dengan sistem sentralisasi
c.    Federasi dengan sistem desentralisasi
d.    Federasi dengan sistem sentralisasi
e.    Kesatuan dengan sistem parlementer

37. Jika norma sanksi bagi pelanggarnya berasal dari diri sendiri maka sanksi bagi pelanggar hukum berasal dari ...
a.    Negara
b.    Pemerintah
c.    Hakim
d.    Masyarakat
e.    Pelakunya

38. Pengaruh globalisasi yang menghambat perkembangan budaya bangsa, antara lain ...
a.    Prilaku suka meniru gaya hidup bangsa barat
b.    Menyukai barang-barang produk luar negeri
c.    Tidak menghargai kesenian dan tradisi daerah
d.    Lebih bangga berbicara dengan bahasa asing
e.    Tidak suka mengenakan pakaian daerah

39. Apabila ada pihak yang merasa dirugikan oleh pers maka wajib ...
a.    Diberikan kesempatan untuk menjawab atau memperbaiki pemberitaan yang dimaksud
b.    Meminta ganti rugi
c.    Menuntut media yang membuat berita
d.    Melaporkan melalui jalur hukum
e.    Melaporkan kepada pemimpin redaksi

40. Peranan pers nasional adalah ...
a.    Menjadi penghubung
b.    Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui
c.    Memberikan hiburan
d.    Memberikan informasi
e.    Mendidik masyarakat

41. Cita-cita nasional Indonesia tersurat dalam...
a.  Pembukaan UUD 45 alinea pertama
b.  Pembukaan UUD 45 alinea kedua
c.  Pembukaan UUD 45 alinea ketiga
d.  Pembukaan UUD 45 alinea keempat
e.  Pembukaan UUD 45

42. Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dicapai bangsa Indonesia adalah …
a.  hanya alat untuk mencapai cita-cita bangsa dan mencapai tujuan negara
b.  tujuan bangsa yang telah lama di idam-idamkan
c.  tujuan akhir persatuan rakyat indonesia
d.  kesadaran nasional bangsa indonesia
e.  terbentuknya negara Indonesia yang adil dan makmur

43. Dasar negara Pancasila yang dirumuskan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945 di Jakarta merupakan
a.    nilai-nilai kehidupan bangsa
b.    sublimasi paham liberal dgn sosialis
c.    hasil renungan dan buah pikiran Presiden
d.    adopsi dari demokrasi liberal
e.    keputusan politik Presiden Soekarno

44. Norma hukum yang paling sederhana dan berlaku dilingkungan sekolah adalah …
a.    tata tertib sekolah
b.    undang-undang sekolah
c.    hukum dasar tertulis
d.    adat-istiadat
e.    perintah guru

45. Seluruh hukum yang ada di Indonesia harus bersumber kepada Pancasila ...
a.  Kepribadian bangsa
b.  Sumber dari segala sumber hokum
c.  Dasar Negara
d.  Pandangan hidup bangsa
e.  Jiwa seluruh rakyat Indonesia

46. Contoh kerja sama ekonomi bagi Negara-negara asia fasifik ..
a.    ASEAN
b.    UNICEF
c.    APEC
d.    OKI
e.    UNESCO

47. Nilai utama yang patut diteladani dari peristiwa 20 Mei 1908 adalah...
a.    Mempunyai jiwa disiplin
b.    Suka bekerja keras
c.    Berjiwa pelopor
d.    Meneladani generasi berikutnya
e.    Semangat anti penjajah

48. Berikut negara yang menganut bentuk pemerintahan Republik Parlementer, yaitu
a.    Amerika
b.    Belgia
c.    Prancis
d.    Belanda
e.   Inggris